-->

PERINTAH DASAR SQL

Tugas Praktikum

        Buat  laporan, Tampilkan perintah-perintah SQL  menggunakan DBMS  MYSQL  beserta hasilnya di blog anda. Perintahnya sesuai dengan tugas praktikum 1-11.
 
 
 
 
1. Gunakan  tabel  mahasiswa,  tambahkan  kolom  yang  diperlukan  kemudian  masukkan  3
data  mahasiswa sebagai berikut :
Nim : 12                             Nim : 13                                   Nim : 14
Nama : edi                          Nama : sinta                             Nama : luki
Alamat : malang                  Alamat : jogja                           Alamat : ponorogo
No.telp : 0856453428        No.telp : 0813347565675        No.telp : 082576568798
Fakultas : SAINTEK          Fakultas : SAINTEK                Fakultas : PSIKOLOGI
2.  Tampilkan data mahasiswa berupa nim dan nama.
3.  Tampilkan  data  mahasiswa  berdasarkan  nim  salah  satu  mahasiswa.  Sehingga  yang
muncul hanya salah satu data mahasiswa.
4.  Tampilkan data mahasiswa dan fakultas. Ambil berdasarkan nim, nama mahasiswa, nama
fakultas.
5.  Hapus data mahasiswa yang memiliki nim : 13
6.  Ubah data berupa alamat : solo dan no.telp : 0857688788 yang memiliki nim 12
7.  Tampilkan data mahasiswa  dan  urutkan dari besar ke kecil  berdasarkan nim mahasiswa.
Kemudian tampilkan data fakultas urutkan secara ascending berdasarkan kolom ke-2.
8.  Tampilkan seluruh data mahasiswa beserta seluruh data fakultasnya.
9.  Tampilkan seluruh mahasiswa yang berada di fakultas “SAINTEK”.
10.  Tampilkan seluruh mahasiswa yang tidak berada di fakultas “SAINTEK”.
 
11.  Hapus data fakultas “SAINTEK”.










        Jelaskan  evaluasi  dari  DBMS  MySQL  dan  PostgreSQL  dalam  blog  anda  berdasarkan tugas  praktikum  1-11.  (evaluasi  meliputi  perbedaan  atau  kesamaan,  kelebihan  atau kekurangan, tambahan dari penulis)
       Untuk praktikum DBD modul 3 tentang Perintah Dasar SQL, tidak ada perbedaan query antara DBMS  MySQL  dan  PostgreSQL pada saat mengerjakan tugas  praktikum  1-11.

MySQL vs PostgreSQL?

MySQL
       MySQL merupakan salah satu DBMS ( Database Management System) yang sering digunakan dalam aplikasi website, karena MySQL dikenal cepat, tetapi tidak dikenal sebagai database server yang mempunyai fasilitas lengkap. Itulah alasan MySQL sangat disukai oleh para web developer, karena kecepatannya dalam pemrosesan databasenya.
Kelebihan :
  • Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda seperti LINUX, Windows, MacOS, FreeBSD, Solaris, dll.
  • Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java , Perl, PHP, dan Python.
  • Mempunyai lebih banyak tipe data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte. FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET, dan tipe ENUM.
  • Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY . Mendukung terhadap fungsi penuh ( COUNT ( ), COUNT(DISTINCT), AVG( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ), AND MIN ( ) ).
  • Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.
  • Mendukung ODBC for windows 95' (dengan source program). Semua fungsi ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access untuk connect ke MySQL server.
  • Menggunakan GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas.
  • Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama. Structure table MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE dibandingkan DBMS lainnya.
  • Ditulis dengan menggunakan bahasa C dan C++. Diuji oleh compiler yang sangat jauh berbeda.
  • Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengijinkan "Host-Based" Verifikasi. Memiliki beberapa lapisan keamanan , seperti subnet mask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perijinan yang mendetail serta sandi/password terenkripsi.
  • Program dapat running di semua OS,PHP MySQL berjalan secara web base, itu artinya semua operating system yang memiliki web browser dapat menggunakan aplikasi ini, dan semua OS tentu saja selalu memiliki web browser, Windows dengan internet explorer, Linux dengan Mozilla, Macintosh dengan safari, dan handphone dengan opera mini. Sangat mobile dan flexibel.
  • Sangat cocok dan mudah diterapkan pada komputer berjaringan , program PHP MySQL cukup diinstall di salah satu komputer pada jaringan yang dalam hal ini adalah komputer server, pada komputer client, kita tidak usah menginstalasikan program apapun lagi. Pada komputer client kita cukup mengarahkan web browser ke komputer server dan program dapat langsung running, apabila program error(walau kemungkinan sangat kecil sekali) program cukup di maintenance di pihak komputer server yang terinstalasikan program tanpa harus memaintenance komputer client juga. sangat mudah dan simple.
  • Tidak ada virus yang menginfeksi program PHP, sampai saat ini program PHP belum dapat diinfeksi virus, kebanyakan virus menginfeksi file berekstensi *.exe dan *.dll, sangat awet dan aman.
  • Sangat stabil disemua operating system program PHP walau dipakai dalamwaktu yang sangat lama tidak akan memberatkan sistem dan tidak akan mempengaruhi komputer untuk berjalan sangat lambat, sangat cocok diterapkan pada komputer yang selalu nyala 24 jam
  • Sangat multi user, program PHP tidak akan bentrok dengan pengguna lain yang sama-sama menggunakan program dalam satu jaringan karena MySQL merupakan turunan dari konsep SQLMulti user
  • Merupakan DBMS yang gratis/open source berlisensi GPL (Generic Public License).
  • Cocok untuk perusahaan dengan skala yang kecil.
  • Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk bisa menjalankan MySQL ini bahkan dengan spesifikasi hardware yang minimal sekalipun.
  • MySQL dapat melakukan koneksidengan komputer client menggunakan protokol TCP/IP, Unix Socket (UNIX), atau Named Pipes(Windows NT).
  • MySQL memiliki antar muka/interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application progamming interface).
  • Command and function MySQL memiliki fungsi dan operator secara penuh yang mendukung perintah select dan where dalam query.
Kekurangan :
  • Untuk koneksi kebahasa pemrograman visual seperti VB(Virus Basic), delphi, dan foxpro, MySQL kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan MySQL jarang dipakai dalam program visual.
  • Data yang ditangani belum begitu besar. Tidak cocok baik menyimpan data maupun untuk memproses data. 
  • Program hanya dapat running di windows. Itupun untuk windows lama,untuk windows terbaru seperti Vista,Visual Basic sangat tidak stabil berjalan di platform tersebut,banyak kantor yang dapat menghubungkan laptop pegawai mereka untuk bergabung dalam sistem jaringan kantor.Bagaimana untuk pengguna Macintosh maupun Linux? Program tidak dapat dijalankan di laptop mereka. Walaupun bisa, program harus diinstall terlebih dahulu menggunakan emulator.
  • Tidak Praktis apabila diterapkan pada jaringan komputer. Itu dikarenakan VB program yang berdiri sendiri yang berarti harus diinstalasikan pada tiap komputer pada jaringan tersebut. Bayangkan apabila ada puluhan komputer? ada berapa lama waktu untuk instalasi dan pemeliharaannya?
  • Aplikasi yang rentan terkena virus, program yang dibuat menggunakan Visual Basic adalah berupa execution program(*.exe) yang dapat terinfeksi virus seperti virus Sality, program menjadi rusak dan tidak bisa dijalankan. apabila program terinfeksi tersebut di scan oleh antivirus, program akan dihapus dari sistem, sangat tidak aman untuk sebuah program yang menjadi tulang punggung perusahaan.
  • Mudah hang dan crash, program dari VB seringkali menjadi not responding lalu mati tiba-tiba.
  • Tidak multi user, apabila dalam satu jaringan komputer menggunakan program dalam satu waktu, salah satu user harus mengalah sampai user yang lain selesai menggunakan program.
  • Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja dalam server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluster Server.
PostgreSQL
      PostgreSQL merupakan database server cukup dikenal di kalangan administrator database, programer aplikasi, maupun pengembang web. Popularitasnya ikut menanjak mengikuti saudaranya “MySQL” yang telah lebih dulu merebut hati jutaan pengguna di seluruh dunia. Sifatnya yang open source dan lisensi bebas, serta sama-sama berawal dari platform Unix ikut menunjang penyebarannya. Paket PostgreSQL juga dapat ditemukan dikekemas bersama beberapa distro Linux.
Kekurangan Posgre SQL :

1. kurang begitu populer dan cocok bekerja di lingkungan web jika   dibandingkan dengan mysql.

2. Kurang fokus dalam hal kelangsingan dan kecepatan.

3. arsitektur dengan multiproses ini sulit diterapkan ke Windows, sebab Windows amat thread-oriented.

4. PostgreSQL sendiri saat ini bisa dijalankan di Windows, tapi melalui lapisan emulasi Cygwin.

5. Kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in.

6. Replikasi di PostgreSQL sendiri belum disertakan dalam distribusi standarnya.

7. PostgreSQL sendiri terbatas hanya bisa melakukan penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan penggantian nama table



Kelebihan PostgreSQL

1. PostgreSQL memiliki arsitektur multiproses (forking) yang berarti memiliki stabilitas yang lebih tinggi, sebab satu proses anak yang mati tidak akan menyebabkan seluruh daemon mati—meskipun pada kenyataannya, dulu ini sering terjadi.

2. Dalam kondisi load tinggi (jumlah koneksi simultan besar), kecepatan PostgreSQL sering mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang kompleks, hal ini
dikarenakan PostgreSQL mendukung locking di level yang lebih rendah, yaitu row.

3. PostgreSQL memiliki fitur OO seperti pewarisan tabel dan tipe data, atau tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record.Dengan adanya kemampuan OO ini maka di PostgreSQL, kita dapat mendefinisikan sebuah tabel yang mewarisi definisi tabel lain.

4. PostgreSQL menyediakan hampir seluruh fitur-fitur database seperti yang terdapat dalam produk database komersial pada umumnya.

5. PostgreSQL pun memiliki tipe data geometri (seperti titik, garis, lingkaran, poligon) yang mungkin berguna bagi aplikasi ilmiah tertentu

6. PostgreSQL memberikan kita kemampuan mendefinisikan sebuah field sebagai array.

7. PostgreSQL memiliki hampir semua fasilitas standar yang biasanya diinginkan: view (tabel virtual), trigger, subselek, stored procedure (dalam beberapa bahasa), dan foreign key constraint

8. PostgreSQL juga memiliki apa yang disebut rule, yaitu tindakan custom yang bisa kita definisikan dieksekusi saat sebuah tabel di-INSERT, UPDATE, atau DELETE

9. Postgres juga mempunayai kemampuan untuk membuat konektifitas dengan database lain seperti pgdump, Interbase, pgaccess dan hampir semua database pada Linux.

10. kemampuannya menampung data spasial, sehingga ia bisa digunakan dalam pembuatan situs yang berbasis Web GIS untuk pemetaan dan sebagainya.

11. PostgreSQL memiliki lisensi GPL (General Public License) dan oleh karena itu
PostgreSQL dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan oleh setiap orang tanpa
perlu membayar lisensi (free of charge) baik untuk keperluan pribadi, pendidikan maupun komersil.

12. PostgreSQL mendukung banyak jenis bahasa pemrograman,
antara lain: SQL, C, C++, Java, PHP, etc.

13. PostgreSQL juga merupakan alternative untuk sistem database
open-source lainnya seperti MySQL dan Firebird, terutama sistem proprietari seperti Oracle, Sybase, IBM’s DB2dan Microsoft SQL Server.   

0 Response to "PERINTAH DASAR SQL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel